Berdasarkan Keputusan
Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 031/H/KR/2024 Tentang Kompetensi Dan
Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
dengan tema-tema P5 di SMP 2 Mejobo sebagai berikut:
1. Gaya Hidup Berkelanjutan
Peserta didik memahami
potensi krisis keberlanjutan yang terjadi di lingkungan sekitar, serta memiliki
kesiapan untuk menghadapi dan memitigasinya. Pemahaman tersebut diharapkan
membangun kesadaran peserta didik untuk bersikap dan berperilaku lebih bijak dengan
mempertimbangkan dampak pada individu, lingkungan, dan masyarakat di
sekitarnya, jangka pendek maupun jangka panjang. Selain dampak terkait
kelestarian alam, juga terhadap aspek ekonomi, kualitas hidup, ketahanan, serta
keadilan sosial.
2. Kearifan Lokal
Peserta didik membangun
rasa ingin tahu dan kemampuan inkuiri melalui eksplorasi budaya dan kearifan
lokal masyarakat sekitar. Menelusuri sejarah perkembangan masyarakat
lokal/daerahnya, menggali konsep dan nilai-nilai di baliknya, lalu merefleksikan
nilai dasar yang dapat diambil untuk diterapkan dalam kehidupan mereka.
Termasuk menggunakannya untuk dikembangkan sesuai dengan konteks saat ini, dan
untuk perbaikan diri, sosial, dan alam.
3. Bhinneka Tunggal Ika
Peserta didik memahami dan
mempromosikan budaya perdamaian, menjunjung kemanusiaan, dan anti kekerasan,
belajar membangun dialog penuh hormat tentang keberagaman serta nilai-nilai
ajaran yang dianutnya. Peserta didik juga memahami perspektif berbagai agama
dan kepercayaan, keragaman suku dan etnis secara kritis dan reflektif menelaah
berbagai stereotip negatif dan dampaknya terhadap terjadinya konflik dan
kekerasan.
4. Bangunlah Jiwa dan Raganya
Peserta didik mengenali dan
memahami bagaimana memelihara dan menjaga kesehatan fisik dan mental dengan
merefleksikan pengenalan dan pengalaman diri maupun lingkungan. Pemahaman
tersebut digunakan untuk membangun keterampilan dan kesadaran untuk mencapai
kesejahteraan diri (wellbeing) dan lingkungan yang sehat sehingga peserta didik
disarankan megeksplorasi Isu kesehatan seperti perilaku hidup bersih, aktif,
dan sehat, narkoba, pornografi, kesehatan reproduksi, kesehatan mental,
pertolongan pertama, perundungan, interaksi sosial secara daring maupun
langsung, kekerasan seksual, hingga pemahaman atas layanan kesehatan.
5. Suara Demokrasi
Peserta didik menggunakan
kemampuan berpikir sistem, menjelaskan keterkaitan antara peran individu
terhadap kelangsungan demokrasi Pancasila. Melalui pembelajaran ini peserta
didik merefleksikan makna demokrasi dan memahami implementasi demokrasi serta
tantangannya dalam konteks yang berbeda, termasuk dalam organisasi sekolah,
masyarakat dan/atau dalam dunia kerja.
6. Kewirausahaan
Peserta didik
menumbuhkembangkan kreativitas dan budaya kewirausahaan sebagai upaya pencarian
solusi terkait aspek lingkungan, sosial dan kesejahteraan masyarakat. Peserta
didik membuka wawasan tentang peluang masa depan, peka akan kebutuhan
masyarakat, menjadi individu yang terampil dengan mengidentifikasi potensi
ekonomi di tingkat lokal dan masalah yang ada dalam pengembangan potensi
tersebut dan aktif mencari solusi.
7.
Rekayasa dan Teknologi